Pengertian dan Sejarah Arduino

Mengutip dari laman Wikipedia. Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat sumber terbuka, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Perangkat kerasnya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri. (link sumber disini)

Menurut bahasa obrolan saya, Arduino adalah papan mikrokontroller yang dibuat berbasis prosesor Atmel AVR yang memiliki bahasa dan aplikasi sendiri dalam pemogramannya. Software dan Hardware-nya bersifat open source, dimana kita bisa berbagi desain/prototype kepada siapa saja dan juga bisa membuatnya sendiri.


Melalui Forum resminya di https://forum.arduino.cc/ kita bisa berbagi dan bertanya terkait apa yang akan kita buat dengan Arduino. Tidak sedikit yang akan akan membantu menyelesaikan masalah saat melakukan program papan mikrokontroller ini.

Dulu, kita harus memiliki pengetahuan khusus dalam desain hardware dan pemrograman untuk membuat aplikasi-aplikasi mikrokontroler. Dengan adanya Arduino, tuntutan itu tidak diwajibkan atau sangat harus dimiliki. Kemudahan dalam memprogram serta perangkat-perangkat kerasnya yang siap pakai, membuat pemula yang memiliki pengetahuan minim dalam pemograman mikrokontroler bisa membuat sesuatu dengan Arduino yang hasilnya tidak akan kalah dengan level lanjut.

Sejarah Arduino

Massimo Banzi dan David Cuartiellles adalah pendiri dan pembuat Arduino. Mereka berasal dari Italia, dan nama awal yang diberikan untuk proyek mereka itu adalah Arduin. Kemudian nama proyek tersebut diubah menjadi Arduino yang berarti "teman yang kuat". Tujuan dibuatnya Arduino adalah untuk memudahkan pengguna dalam berinteraksi dengan lingkungan dengan menggunakan mikrokontroler AVR.

Ada beberapa orang yang terlibat dalam pengembangan Arduino seperti Hernando Baragan (Wiring), Software IDE (Integrated Development Environment) dibuat oleh Casey Reas dan Ben Fry. serta didukung programer lain seperti Tom Igoe, Gianluca Martino, David Mells, dan Nicholas Zambett.

Mereka mengembakna Arduino dengan bootloader dan software yang sangan mudah untuk digunakan. Sehingga menghasilkan sebuah papan mikrokontroler yang bersifat open source yang bisa dipelajari dan dikembangkan oleh siapapun, baik itu mahasiswa, pelajar, profesional, pemula, penggemar elektronika maupun  penggemar robotik diseluruh dunia.

Pembuatan Arduino sendiri kalau tidak salah pada tahun 2005. Mengenai tepatnya, silakan kunjungi arduino.cc

Yayan Suryana Penghobi Elektonika dan Mikrokontrol

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Sejarah Arduino"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel